LEGENDA TEH OBENG

BATAM, KOTA DIMANA AKU MENGENAL TEH OBENG – BUNGE RAMPAI NEGERI MADANI

BATAM, KOTA DIMANA AKU MENGENAL “TEH OBENG”

Minuman Legenda Kota Batam

“BUNGE RAMPAI NEGERI MADANI”

Pada tayangan perdana ini, kami akan memperkenalkan salah satu minuman yang sangat melegenda di Kota Batam khususnya dan Kepulauan Riau umumnya, yaitu “Teh Obeng”. Teh Obeng ini awal mulanya berasal dari negeri tetangga singapura atau dalam bahasa mandarinnya singapura disebut Xin Cia Po artinya Kota Singapura. Dari masyarakat Xin Cia Po ini lah Kata Teh Obeng ini bermula.

Teh Apeng Dalam Bahasa warga Xin Cia Po, adalah sebutan untuk minuman khas yang berbahan dasar daun teh sedu yang direbus dan memiliki aroma herbal yang sangat khas yang kemudian disajikan dengan campuran Es Cristal atau “Apeng” dalam bahasa warga Xin Cia Po. Sehingga disebut Teh Apeng untuk Minuman Teh dengan Es atau yang lebih dikenal dengan nama Es Teh Manis di Indonesia ini. Sedangkan untuk Minuman Teh Panas di sebut “Teh O” yang artinya the panas dalam bahasa warga Xin Cia Po atau Singapura tersebut yang hingga saat ini didominasi oleh warga dari etnis Tionghoa.

Kota Batam yang bersisian langsung dengan Xin Cia Po, juga banyak dihuni oleh warga keturunan Tionghoa yang sebagiannya memang masih memiliki garis keluarga langsung dengan warga Tionghoa yang berasal dari Xin Cia Po. Kata Teh Apeng ini lama kelamaan berubah menjadi The Obeng ketika disebutkan oleh keturanan Tionghoa Xin Cia Po yang telah bermukim di Kota Batam sebagai pengaruh asimilasi dialektika dari bahasa Melayu Indonesia yang menjadi bahasa Ibu warga Asli Kota Batam sejak dahulunya.

Jadilah “Teh Obeng dan Teh O” ini menjadi salah satu khazanah kekayaan lokal Kota Batam yang juga terkenal dengan sebutan Negeri Bandar Dunia Madani ini. Hingga saat ini Sebutan “Teh Obeng dan Teh O” Minuman Khas berbahan dasar dedaunan yang termasuk varian minuman herbal ini melegenda dan menjadi salah satu ciri khas sebutan pembeda untuk minuman yang sama dari seluruh wilayah nusantara.

Bahkan tidak sedikit milenial warga Kota Batam kini telah mengembangkan beberapa produk dengan memakai “The  Obeng” sebagai iconnya yang mencirikan bahwa produk tersebut berasal dari Kota Batam. Bahkan ada istilah kata yang sangat familiar untuk penyebutan Kota Batam dengan icon Teh Obeng ini, yaitu “Batam, Kota Dimana Aku Mengenal Teh Obeng”

Hampir diseluruh penjuru Kota Batam pelaku usaha kuliner mulai dari tingkat ekonomi kelas atas hingga ekonomi kelas bawah umumnya menyediakan menu paling favorit masyarakat ini. Bahkan umumnya minuman “legend Kota Batam” ini menjadi andalan saat bersantap siang ditengah cuaca Kota Batam yang cenderung panas disiang hari.

Namun demikian, ada sedikit perkembangan dan perbedaan antara Teh Obeng Dahulu dan Teh Obeng kekinian.  Selain cara penyajiannya, media yang digunakan juga sudah cukup berkembang dengan aneka varian. Dahulu nya Teh Obeng disedu secara langsung beserta bubuk tehnya, media penyajian juga menggunakan cangkir berbahan gelas kaca tebal dan bertangkai. Sehingga aroma khas daun herbal yang sangat baik untuk kesehatan ini benar – benar tersaji dan menjadi salah satu keunggulan bagi penikmatnya.

Saat ini cara penyajiannya  menjadi lebih praktis dengan berkembangnya varian teh celup dan teh siap saji lainnya. Media penyajiannya juga sudah sangat bervariasi sesuai dengan kreasi pemilik usaha kulinernya dengan bahan dasar dan bentuk yang bervariasi pula. Bahkan ada cangkir yang kini bentuknya lebih menyerupai toples makanan zaman tahun 80’an sering digunakan untuk penyajian Teh Obeng dalam porsi jumbo di beberapa kedai kuliner yang ada di Kota Batam.

*Diambil dari berbagai sumber