AMASAKAR IMBAU WARGA KOTA BATAM SENANTIASA WASPADA

Menyikapi Intaian Cuaca Ekstrim di Beberapa Wilayah

BATAMKOTA, Sejak Awal Tahun 2021 Cuaca Ekstrim melanda beberap wilayah di Indonesia khususnya di wilayah Kepulauan Riau. Sebagaimana telah menghiasi beranda berbagai media massa hingga media sosial seperti FB, IG, WAG dan lainnya bahwa beberapa wilayah di Kepulauan Riau mengalami dampak yang cukup membuat syok warga di Kepulauan Riau akibat hantaman badai cuaca ekstrim yang melanda beberapa kabupaten kota di Kepulauan Riau. Yang Terparah saat ini mungkin di Tanjung Pinang dan Kota Batam.

Pemerintah Kota Batam dibawah arahan Walikota Batam Bapak H. Muhammad Rudi Bersama Wakil Walikota Batam Bapak H. Amsakar dan Sekretaris Daerah Kota Batam Bapak H. Jefriddin segera mengambil beberapa langkah tanggap darurat dan antisipasi dini dampak keberlanjutan dari cuaca ekstrim yang tidak mudah untuk diprediksi walaupun saat ini Instansi Seperti BMG telah dilengkapi dengan berbagai kemampuan teknologi yang cukup canggih. Namun demikian Perubahan Sistem Alam tentunya memiliki kompleksitas dan kerumitan tersendiri yang cukup sulit dan memerlukan waktu yang panjang untuk dapat dikenali secara menyeluruh. Pantauan Lensa Batam Kota, Ketiga Petinggi Pemerintah Kota Batam tersebut terlihat wara wiri berkeliling Kota Batam meninjau. Mendata, dan menggali informasi langsung dari lapangan terkait beberapa kejadian alam yang melanda Kota Batam sejak awal tahun tersebut, hingga melakukan rapat demi rapat dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait guna menganalisa dan menentukan langkah terbaik penanganan terhadap berbagai persoalan yang berkembang dimasyakat Kota Batam sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan terkini.

Mulai dari menghimpun bantuan dari berbagai pihak dan menyalurkan kepada yang sangat membutuhkan hingga menginstruksikan OPD dan Kecamatan Kelurahan terkait  melaksanakan beberapa arahan yang dianggap urgent dan mendesak demi memberikan perlindungan dan penganyoman sebagai wujud hadirnya Sang Pemimpin ditengah tengah persoalan masyarakatnya.

Ditemui Usai Kegiatan Gotong Royong Massal yang ia sambangai di 4 Kecamatan berbeda, Wakil Walikota Batam H. Amsakar Achmad menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam penanganan bencana dan restrukturisasi pasca bencana yang baru saja dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Batam Bersama Lintas Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Batam yang melibatkan lebih dari 1000 personil gabungan dari berbagai instansi seperti TNI, Polri, BP Batam, Hingga Perangkat RT dan RW serta masyarakat luas yang turut berpartisipasi.

Amsakar Juga Sempat Menghimbau Agar Semua Pihak dapat tetap waspada menyikapi masih tingginya potensi terjadinya cuaca ekstrim yang dapat disertai berbagai kemungkinan buruk terjadinya berbagai bencana yang mengintai hingga akhir februari mendatang berdasarkan prediksi dan masukan dari para ahli seperti BMG Kota Batam.

“Hendaknya kita tetap waspada hingga februari mendatang, kemungkinan cuaca ekstrim masih akan melanda. Sehingga kita perlu saling bahu membahu mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi” Himbau Amsakar kepada seluruh lapisan masyarakat di Kota Batam agar tetap senantiasa waspada mengantisipasi kemungkinan yang bisa saja terjadi akibat cuaca ekstrim yang melanda.