WANITA TANGGUH, BERSAHAJA DAN RAMAH SENYUMAN

MENATA DARI SUDUT KOTA

DIBALIK CEMERLANGNYA SANG MAESTRO KOTA BATAM

BATAM KOTA, Melalui sebuah tanyangan live Tribun Podcast yang merupakan program salah satu media terkemuka di Kota Batam terungkap beberapa fakta yang belum banyak diketahui oleh sebagian besar warga Kota Batam.

Dalam tayangan “Ngobrol Bareng Muhammad Rudi Walikota Batam” dengan tema BATAM NORMAL – NORMAL AJAH DARI DULU yang live pukul 18.30 Wib Rabu 17 Juni 2020, Rudi sapaan akrab Walikota Batam yang pernah menjadi salah satu anggota Keluarga Besar Kepolisian Republik Indonesia ini tak canggung mengungkapkan beberapa hal sederhana namun merupakan rahasia besar dalam kehidupan dan karir dalam perjalanan hidup nya.

Selain menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh host pembawa acara dalam program tayangan tersebut, rudi juga menjabarkan beberapa program yang telah dicapai oleh Pemerintah Kota Batam serta beberapa perencanaan yang menjadi harapannya jika kembali dipercaya oleh masyarakat Kota Batam untuk memimpin Kota Batam lima tahun kedepan sebagai Walikota Batam untuk periode keduanya.

Dari penyampaian Rudi dalam tayangan live tersebut, hal yang paling istimewa dan sangat menarik untuk dikupas karena sangat layak untuk menjadi inspirasi dan teladan bagi setiap pribadi warga Kota Batam adalah ketika ia bercerita terntang sesosok yang menjadi salah satu tumpuan kasih sayang nya dan juga wanita kedua yang sangat ia hormati dan ia tinggikan dalam hidupnya setelah Sosok Ibunya.

Adalah Hj. Marlin Agustina yang merupakan sosok panduan dan idola dari ke lima putra putrinya. Isteri tercinta yang telah mendampingi keras dan berlikunya jalan hidup yang telah ia tempuhi serta orang yang paling berjasa sebagai benteng pertahanan terahir yang tetap kokoh berdiri dan setia menemaninya disaat paing kritis sekalipun selama lika – liku perjalanan karirnya hingga jalan takdir melantiknya sebagai orang terpenting di Pemerintahan Kota Batam pada April 2016, Walikota Batam yang kini sekaligus sebagai exofficio Kepala Badan Pengusahaan Batam.

Bahkan berbagai pujianpun meluncur tanpa ragu dari Sang Maestro Kota Batam ini guna menggambarkan bagaimana pentingnya peranan wanita yang menjadi pujaan hatinya tersebut dalam sejarah tulisan hidupnya.

“Kalau ingin selamat isteri harus dijadikan pelindung, misal saat terlalu sibuk kita bekerja atau berpergian jauh, kalau tanpa nasihat isteri, bisa terjerumus kedalam jurang” ujar Rudi dalam kesempatan tersebut.

Baginya Hj. Marlin Agustina adalah sesosok panutan dan teladan dalam rumah tangganya, khususnya dalam pembentukan karakter dan mental bagi putra – putrinya. Sebagai seorang ibu ia tidak pernah mengeluh dan berpangku tangan atau lalai dalam urusan bhaktinya kepada suami dan putra – putrinya dalam hal merawat dan mengatur keperluan rumah tangganya, seperti berbelanja, memasak, mengurus rumah dan mengatur berbagai keperluan rumah lainnya tetap ia kerjakan sendiri dan tidak pernah mengeluh apalagi menyusahkan orang lain.

Sosoknya sebagai seorang isteri dan ibu yang tangguh ini pula yang kemudian menjadi semangat dan nutrisi kepercayaan diri bagi Rudi dalam melewati berbagai kesulitan dan rintangan yang ia hadapi saat berusaha dan mengembangkan ekonomi keluarganya hingga kemudian waktu yang mengantarkannya menjadi orang yang paling populer di Kota Batam bahkan secara nasional dan International yang tercatat sebagai Walikota terbaik se – Asia tahun 2019.

Yang paling membanggakan bagi dirinya adalah sikap kebersahajaan dan tidak tergerus oleh gelimangan harta dan jabatan yang kini menjadi uji goda dalam kehidupan rumah tangga dan pribadinya. Wanita yang selalu tersenyum ramah dan menyapa kepada siapa saja yang beriteraksi dengannya ini, tidak lantas kemudian menjadi lupa diri ketika perlahan kehidupan membawa bahterah rumah tangganya menaiki level tertinggi dalam strata sosial dan ekonomi seiring dengan semakin cemerlang nya karir sang suami.

Sebagai Wanita yang paling beruntung atas keberhasilan karir sang suami, ia tetap hidup bersahaja dan berpenampilan seperti biasanya namun tidak menghilangkan kesannya sebagai sosok wanita yang tangguh, cerdas dan memiliki kepribadian yang anggun diatas rata – rata wanita umumnya.

Tak heran kemudian banyak sekali ibu – ibu dan kaum kartini Kota Batam yang tergabung dalam berbagai organisasi dan perkumpulan yang ada di Kota Batam ini sangat mengagumi sosoknya dan bahkan beberap pihak tak sungkan menginspirasinya untuk mengikuti jejak karir politik sang suami dengan berbagai talenta, keunggulan dalam komunikasi dan kecerdasan yang dimilikinya dinilai sangat layak untuk disandingkan dengan beberapa tokoh yang terlebih dahulu sudah sangat populer di Propinsi Kepulauan Riau untuk mendampingi tokoh tersebut sebagai salah satu kandidat peserta pemilu. Dialah satu diantara dua sosok wanita yang sangat Sang Maestro Kota Batam ini.