HADAPI DENGAN SENYUMAN DAN OPTIMISME

WAWANCARA EKSLISIF CAMAT DAN SEKRETARIS CAMAT BATAM KOTA

KOLABORASI SOSOK YANG HARMONIS, MENGAYOMI DAN SEDERHANA BERPADU DENGAN LURAH YANG HEBAT DAN JAJARAN STAF LUAR BIASA

BATAM KOTA, Ditengah berbagai persoalan yang didihadapi oleh Pemerintah Kecamatan Batam Kota yang menjadi salah satu episentrum pandemic covid-19 di Kota Batam beberapa waktu yang lalu, terdapat dua sosok yang selalu berperan dan menjadi motor penggerak jalannya roda Pemerintahanan Kecamatan Batam Kota yang sangat meneduhkan dan menyejukan setiap kendala yang dihadapi dalam mengentaskan berbagai perkembangan terkait penanganan covid-19 di wilayah kecamatan tersebut.

Dua sosok tersebut adalah Aditya Guntur Nugraha Syamsuri Camat Batam Kota dan Fhaisal Isfandhi Sekretaris Camat Batam Kota selaku jajaran pimpinan di Kecamatan Batam Kota yang senantiasa menjadi Oase ditengah berbagai persoalan yang berkembang di wilayah tersebut.

Dibawah binaan kedua sosok tersebut Kecamatan Batam Kota, perlahan tapi pasti mengurai satu per satu dinamisnya tiap persoalan yang berkembang. Satu per satu pula kedua sosok tersebut membengkeli  keterbatasan dan kelemahan yang menjadi hambatan hingga roda pemerintahan di Kecamatan Batam Kota hari ini dapat berjalan lancar dan menemukan titik optimumnya.

Sosok Camat Muda yang selalu mengayomi dan penuh optimisme ini terasa sangat selaras didampingi oleh Sosok Sekretaris Kecamatan yang selalu sederhana dan bersahaja. Seolah tak pernah mau menyerah dengan berbagai persoalan yang ada, keduanya laksana Sang Capten dan Chip Officer yang selalu sigap menahkodai Kapal Batam Kota agar dapat berlabuh di dermaga harapan dengan selamat walupun harus bertungkus lumus dengan hadangan ombak dan angin badai yang sedikit kurang bersahabat.

Saat Lensa Batam Kota mencoba menelisik apa yang menjadi rahasi keduanya sehingga mampu membawa Batam Kota untuk terus tampil terdepan dalam melaksanakan berbagai Program dan Kebijakan Pemerintah Kota Batam yang digawangi oleh Walikota Batam Bapak H. Muhammad Rudi, SE, MM dan Wakil Walikota Batam Bapak H. Amsakar Achmad, S.Sos, M.Si ini, begini jawaban keduanya :

*Lensa Batam Kota (L),  Camat (C), Sekcam (S)

L    : Batam Kota menjadi episentrum Covid-19, tanggapan bapak ?

C   : Beberapa Waktu yang lalu, saat ini In Sya Allah sudah semakin baik penanganannya

S    : Selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, komunikasi yang terpenting agar upaya penanganan benar-benar maksimal dan tepat sasaran.

L    : Apa Saja Kendala yang dihadapi?

C   : Banyak ya, kemampuan SDM, Kepadatan Penduduk, Luas Wilayah, karateristik masyarakat perkotaan, banyaklah, Keterbatasan Waktu juga, baik internal maupun eksternal.

S    : yang paling menonjol mungkin jumlah personil yang terbatas dan keahlian yang dimiliki, namun semangat kawan – kawan luar biasa untuk memberikan yang terbaik.

L    : Apa Kiat – kiat yang dilakukan?

C   : Pemimpin harus mengayomi, segala sesuatu harus kita hadapi dengan senyuman dan optimism bahwa setiap persoalan pasti ada jalan keluarnya, yang penting berusaha dan niat baik, karena semuanya kembali kepada Niat, Innama a’malu bin niat kalau menurut saya sih.

S    : kawan – kawan semuanya siap bekerja keras, tinggal bagaimana kita merumuskan berdasarkan inventarisir persoalan yang berkembang dan menentukan langkah – langkah yang tepat untuk dieksekusi oleh kawan – kawan dilapangan. Sekali lagi komunikasi yang baik In Sya Allah membuahkan hasil yang baik pula.

L    : Mengatasi keterbatasan yang ada dan kelemahan yang dimiliki, apa saja langkah yang diambil?

C   : Keterbatasan dan Kelemahan bukan berarti menghalangi kita untuk tetap berkarya, justeru dengan segala keterbatasan dan kelemahan tersebut harus mampu memacu kita untuk terus meningkatkan  kreatifitas dan berinovasi sehingga mampu mengoptimalkan kinerja dan produktifitas kita dengan berbagai persoalan yang berkembang, ktia dituntut untuk terus tampil memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

S    : Sederhana aja dalam melihat setiap persoalan, kelemahan dan keterbatasan untuk diatasi bukan ditakuti. Kalau kita selalu sederhana melihat setiap persoalan, maka permasalahan itu akan semakin ringan untuk kita atasi. Seberat apapun persoalannya tentu bisa kita lihat jalan keluarnya jika kita petakan dan kita sederhanakan dengan tepat.

L    : Bagaimana Menurut Bapak Peran dan pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Aparatur di Kecamatan Batam Kota?

C   : Luar Biasa, semua aparatur Kecamatan Batam Kota sudah sangat prfesional dalam melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi yang mereka emban bahkan tidak jarang bekerja lembur dan ekstra dalam mempersiapkan segala yang diperlukan dalam eksekusi pekerjaan mereka. Utamanya pada jajaran Pimpinan setingkat Kasi dan Kasubbag baik di Kecamatan dan Kelurahan yang dituntut ekstra dalam kreatifitas dan kemampuan manajerial, terlebih khusus lagi Pak Lurah dan Ibu Lurah yang berada di lapangan. Dan yang paling special adalah jajaran Staf, Tanpa mereka semua Kecamatan Batam Kota bukan apa – apa.

S    : Dalam Peranannya untuk Dilaparangan Bapak dan Ibu Lurah yang memegang peranan penting, sementara Kasi dan Kasubbag membackup dalam hal Administrasi dan manajerial tapi tak jarang juga harus ikut turan langsung kelapangan untuk memastikan seluruh rencana kerja berjalan sebagai masan mestinya. Dan seperti kata pak camat tadi, yang paling special adalah rekan – rekan jajaran straf yang selalu standby dan siap menjalankan apa yang menjadi arahan dari pimpinannya. Batam Kota In Sya Allah gudangnya orang – orang yang hebat dan luar biasa.

L    : Pertanyaan terahir pak, bagaimana meningkatkan kualitas dan kemampuan aparatur yang ada?

C   : Senyuman, Optimalkan yang ada, fokus dan tanggung jawab terhadap tugas dan fungsi yang dibidangi.

S    : Melayani dengan hati, jangan hiraukan kekurangan, selalu menatap kedepan yang lebih baik dari hari ini.

Diusianya yang masih tergolong cukup muda, kedua sosok ini berhasil tampil menjadi tokoh yang menjadi harapan bagi masyarakat untuk membawa Kecamatan Batam Kota lebih baik dan disegani di Kota Batam. Selain mantap menata administrasi dibalik meja kepemimpinannya, tak jarang keduanya turun langsung menyerap aspirasi dan merespon keluhan yang menjadi kebutuhan masyarakat secara langsung dilapangan. Terlihat sudah beberapa kali kedua sosok pemimpin muda ini menjawab tuntas beberapa persoalan sosial kemasyarakatan yang berkembang ditengah tengah masyarakat.

Tentunya Jam terbang dan pengalaman yang akan membawa keduanya mencapai puncak karier dipanggung pemerintahan di Kota Batam dimasa yang akan datang. Selamat berkarya dan tetaplah sederhana menjadi pemimpin yang selalu mengayomi yang lemah dan menjaga amanah.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up