JANGAN LENGAH

KUNJUNGAN WISATAWAN MULAI MENINGKAT DI KOTA BATAM

MELALAK KEJAP YEEE….

BATAM KOTA, Seiring dengan mulai dibukanya kembali beberapa akses sosial dan ekonomi Kota Batam beberapa waktu yang lalu oleh Pemerintah Kota Batam selaku Penanggung Jawab Tim Percepatan Pencegahan dan Penanganan Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, secara perlahan tapi pasti beberapa Sektor seperti Ekonomi dan Pariwisata di Kota Batam serta perangkat yang melekat mulai bergeliat kembali.

Salah satu sektor pendukung geliat ekonomi dan pariwisata tersebut adalah dibukanya akses transportasi baik darat, laut maupun udara. Namun demikian akses jalur transportasi tersebut tidak serta merta dibuka secara bebas dan full aktifitas sebagaimana sebelum masa covid-19 di Kota Batam.

Beberapa sektor transportasi yang sudah mulai kembali aktif dan dibuka tersebut tetap dibatasi dengan beberapa peraturan yang sifatnya mengikat hingga batas waktu tertentu sesuai dengan hasil monitoring dan evaluasi oleh tim ahli dibidangnya saat sektor – sektor tersebut bergerak aktif kembali.

Sehingga aktifasi tersebut  masih memunculkan berbagai kemungkinan yang akan terjadi dan diambilnya langkah – langkah tertentu oleh Pemerintah Kota Batam bersama stake holder yang menjadi penanggung jawab sektor berkaitan apakah akan ditingkatkan ke tingkat selanjutnya dalam arti mulai diperluas aktifasinya atau bisa juga dihentikan kembali bila dinilai tidak memenuhi SOP dan atau mengakibatkan hal yang bertentangan dengan upaya dan kebijakan terkait covid-19 di Kota Batam.  

Beberapa pembatasan yang  dilakukan pada sektor transportasi di Kota Batam baik domesitik maupun internasional tersebut seperti kewajiban bagi penumpang rapidtest sebelum melakukan perjalanan khususnya dengan daerah tujuan diluar propinsi Kepulauan Riau. Serta kewajiban mengikuti standar protokol kesehatan seperti wajib masker, cuci tangan dan menjaga jarak aman antar pengunjung atau calon penumpang.

Dalam melaksanakan tugasnya  penyelenggara diwajibkan menyediakan kelengkapan protokol kesehatan seperti thermogun, faceshield, handsanitizer atau sejenisnya, menyediakan pembatas antara petugas dan pengunjung pada antrian pengurusan dokumen atau pembayaran, serta standar protokol kesehatan lainnya.

Pembatasan juga dilakukan terhadap jumlah trip perjalanan yang diperbolehkan serta daerah tujuan yang boleh dikunjungi mengikuti kebijakan pemerintah pusat terkait pembatasan moda transportasi di Indonesia. Hal ini berlaku terhadap semua jenis moda transportasi baik darat, laut maupun udara.

Dilansir dari Tribunbatam.id khusus terkait modatransportasi laut berstatus internasional atau antar negara. Saat ini di Kota Batam baru Pelabuhan Kelas I Internasional Batam Center yang telah mendapatkan kembali hak atau izin pelayaran Internasional atau beroperasi kembali untuk melayani pelayaran antar negara melalui jalur laut via Kota Batam.

Aina Humas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Batam mengatakan bahwa mulai ada peningkatan penumpang dipintu Internatsional. Sepekan terahir jumlah penumpang sudah mnecapai 167 orang dengan negara tujuan Singapura dan 684 orang dengan tujuan Malaysia.  Sehingga total penumpang berjumlah 851 orang dalam sepekan ini dengan jumlah trip 19 untuk tujuan Singapura dan 12 Trip Tujuan Malaysia. Namun baru satu pelabuhan yang Internasional yang telah beropreasi yaitu Pelabuhan Kelas I Internasional Batam Center. Sedangkan untuk pelabuhan lainnya seperti Sekupang Very Terminal dan Harbourbay belum beroperasi hingga saat ini. Ujar Aina menjelaskan Senin (22/06).

“Data terahir Minggu (21/06) ada 2 trip ke Singapura dan 2 Trip ke Malaysia pelayaran melalui Pelabuhan Kelas I Internasional Batam Center” ujarnya kepada Tribunbatam.Id

Fhaisal Isfandhi yang dihubungi terpisah mengingatkan kembali kepada masyarakat khususnya yang berdomisili di Kecamatan Batam Kota untuk tidak lengah seiring dibukanya kembali akses transportasi ini.

“Kunjungan memang sudah mulai meningkat kembali ke Kota Batam baik domestik maupun internasional, karena itu masyarakat kita minta semakin meningkatkan kewaspadaan dan selalu mematuhi protokol kesehatan dimanpun berada saat beraktifitas diluar rumah. Jangan sampai keteledoran dan kelalaian kita akhirnya membawa petaka bagi diri sendiri dan orang lain. Intinya aktifitas boleh dibuka tetapi jangan sampai kita lengah” ujar Sektretaris Camat Batam Kota yang selalu ramah senyuman ini kepada Lensa Batam Kota menanggapi beroperasinya kembali pelabuhan batam center ini, selasa (23/06).