SELANGKAH LAGI

ZONA HIJAU DIDEPAN MATAN, MARI TINGKATKAN KEWASPADAAN DAN KEPEDULIAN KITA…

“Ini sudah tinggal tersisa 2 kasus positif covid-19 yang masih dirawat, kondisinya juga sangat prima mungkin dalam waktu dekat sudah dinyatakan sembuh oleh Tim Medis yang bertugas. Saya sangat berharap dukungan dan solidaritas seluruh masyarakat Batam Kota agar jangan lagi ada kasus baru supaya kita benar – benar masuk ke zona hijau dalam waktu dekat ini. Mari semakin kita tingkatkan kewaspadaan dan kepedulian kita, agar kita dapat kembali berkatifitas sebagaimana biasanya, namun tetap patuhi protokol kesehatan saat beraktifitas diluar rumah dan berada di keramaian. Minimal Selalu Memakai Masker, Rajin Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak Aman” Aditya Guntur Nugraha, Camat Batam Kota.

BATAMKOTA, Luar biasa kinerja Tim Medis Kota Batam yang berada dibawah arahan langsung TIM Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam dalam melakukan penanganan dan penyembuhan terhadap setiap kasus positinf covid-19 yang diwajibkan Isolasi di Rumah Sakit yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota Batam.

Sejak beberapa bulan yang lalu Kecamatan Batam Kota telah menjadi episentrum penyebaran covid-19 di Kota Batam dengan hampir lebih dari separuh dari total jumlah kasus positif covid-19 yang ada merupakan warga Kecamatan Batam Kota.

Hal ini tentunya menghabiskan tidak sedikit tenaga, pikiran, materi dan non materi bagi Tim Gugus Tugas Covid -19 Pokja Kecamatan Batam Kota dalam berbagai upaya percepatan penanganan dan pencegahan covid-19 diwilayahnya.

Kabar bahagiah datang menghampiri Warga Kecamatan Batam Kota dipekan awal bulan Juli ini. Dimana jumlah pasien positif covid-19 yang masih harus menjalani perawatan isolasi semakin menunjukan angka penurunan dan tinggal tersisa 2 kasus saja dengan kondisi fisik yang sangat baik dan tinggal menunggu pemulihan serta hasil test swab lanjutan.

Dengan kata lain, jika kedua kasus tersebut dinyatakan sembuh total oleh Tim Medis yang bertanggung jawab, serta tidak ada penambahan lagi kasus baru selama masa tersebut, maka Kecamatan Batam Kota akan segera dinyatakan sebagai zona hijau oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam jika jumlah 0 (nihil) kasus positif covid-19 ini  dalam masa yang telah ditentukan dapat dipertahankan dan tidak ada lagi kasus baru lainnya.

Camat Batam Kota dalam hal ini tentunya merasa sangat bahagiah dan bangga dengan kabar baik tersebut. Sebab secara tidak langsung ini juga menjadi parameter kredibilitas dan dedikasi pengabdian dan kinerja Camat Muda tersebut bersama partner nya Sekretaris Camat Batam Kota yang merupakan Ketua Harian Tim Gugus Tugas Covid – 19 Pokja Kecamatan Batam Kota bersama seluruh jajaran lurah dan  pimpinan di Batam Kota serta instansi terkait lainnya seperti Kapolsek Batam Kota, Danramil 03/Nongsa, Kepala KUA Batam Kota, Tim Medis Unit Kecamatan Batam Kota serta Relawan dan Perangkat RT dan RW yang terlibat langsung dalam penanganan dan pencegahan covid-19 di Kecamatan Batam Kota.

Kredibilitas dan dedikasi Camat dan Sekretaris Camat Batam Kota yang selalu tampil prima dan ramah senyuman ini, semakin teruji ketika Pandemi Covid-19 melanda diawal masa jabatannya dan menjadi episentrum penyebaran disesa tersebut. Bahkan banyak pihak yang mengakui kesuksesan sistem kerja dan kebijakan yang ia terapkan dalam membawa Batam Kota keluar dari zona merah sekaligus menuntaskan penanganan disesa yang kini hanya tinggal menyisakan 2 kasus positif covid-19 yang masih dalam perawatan dan segera masuk ke zona hijau tersebut.

Tips dan trik penanganan covid-19 yang menjadi kebijakan kedua pemimpin muda ini juga kemudian banyak diterapkan diberbagai kecamatan yang ada di Kota Batam karena dianggap sebagai role model yang paling ideal dalam penanganan dan pencegahan covid-19 di Kota Batam. Seperti rutin melakukan penyisiran dan rapid test kepada seluruh sudut wilayah Kecamatan Batam Kota tanpa terkecuali.

Rapidtest dan penyisiran ini tak hanya dilakukan dipusat – pusat keramaian seperti Mall, Pasar, Restauran dan Unit – Unit keramaian lainnya, bahkan hingga ke rumah – rumah ibadah dan lingungan perumahan dan pemukiman masyarakat tak luput dari pantauan Tim Gugus Tugas Covid-19 Pokja Kecamatan Batam Kota.

Tak hanya penyisiran dan rapidtes, Camat Muda ini juga menggerakan seluruh elemen pemangku dan perangkat lingkungan guna melakukan blokade mandiri disetiap perumahan yang ada dengan tujuan mengurai tingginya intensitas kegiatan masyarakat diluar rumah untuk beberapa waktu yang lalu sebagai langkah pencegahan, hingga patroli dan pemberian sanksi, pembagian masker dan hansanitizer pun dilakukan sebagai upaya agar Kecamatan Batam Kota segera keluar dari zona merah tersebut.