ANAK SINGKONGNYA BATAM KOTA

MALAM RAMAH TAMAH PAGINYA BEREHAT DIBATAM KOTA – MENATA DARI SUDUT KOTA

BATAMKOTA, Walaupun harus bersepeda melewati medan terjal dan perbukitan yang cukup menguras tenaga, namun harga buliran peluh ini terasa tak seberapa dengan keindahan pesona alam yang ditawarkan disekitar perbukitan kebun taman raya tak jauh dari areal Padepokan Kala Sakti Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota.

Setelah malam harinya melewati haru biru dan larut dalam kehangatan bak sebuah keluarga besar yang telah lama tak bersua, keakraban dan kebersamaan membuncah pada helatan ramah tamah Rudi – Amsakar bersama RT/RW, LPM dan Keluarga Besar Tokoh Masyarakat Kecamatan Batam Kota.

Pagi ini bak “Anak Singkong dari Batam Kota” Aditya Guntur Nugraha, Camat Batam Kota dan Fhaisal Isfandhi Sekretaris Camat Batam Kota Berehat (bersepeda, bersih dan sehat) di perbukitan kebun taman raya mendampingi Sekretaris Daerah Kota Batam, H. Jefridin Jajaran OPD Pemerintah Kota Batam bersama Kapolsek Batam Kota AKP. Restia Octane Guchy dan jajaran Polsek Batam Kota serta Lurah Belian Kamarul Azmi dan jajajar.

Kegiatan berehat di perbukitan alam nan asri ini disejalankan dengan pelantikan Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kota Batam yang dipimpin langsung oleh Ketua Gerakan Pramuka Kota Batam, H. Jefridin yang mewakili Wakil Walikota Batam H. Amsakar Achmad didampingi Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Batam Kota Aditya Guntur Nugraha.

Kisah “Anak Singkong Dari Batam Kota” ini berawal ketika Rombongan Berehat Batam Kota ini melewati perkebunan nan asri saat melintasi perbukitan menuju Lapangan dilahan Padepokan Kala Sakti Kelurahan Belian. Diperkebunan tersebut H. Jefridin dan rombongan berhenti sejenak dan akhir memanen beberapa pohon singkong setelah diperkenankan pemilik kebun. Dalam kesempatan tersebut H. Jefridin sempat memberikan bantuan sosial kepada beberapa warga yang berada dilokasi dan bertutur bijak tentang filosofi yang terkandung pada tanaman singkong.

“Jadilah seperti singkong ini, mudah tumbuh dalam segala cuaca dan kondisi, hampir semua bagian dari singkong ini bermanfaat, daun, pohon hingga umbinya. Walaupun pohonnya tumbuh tinggi menjulang namun yang dibesarkan tetap pada bagian umbi atau akarnya”

“Artinya kejarlah cita – cita tentang jabatan dan kedudukan dunia setinggi tingginya namun harus tetap membawa manfaat bagi semua, khususnya umat yang dibawah yang membutuhkan harus terus dimakmurkan walau jabatan dan kedudukan kita sudah tinggi menjulang” Ujar Jefridin kepada yang hadir dilokasi tersebut dan membandingkan dengan simbol kepramukaan yaitu Tunas Kelapa.

Mabiran Batam Kota, Aditya Guntur Nugraha mengatakan bahwa dirinya sangat bangga hari ini dapat turut serta dalam kegiatan berehat ini, apalagi ia hadir selaku Mabiran Batam Kota. Pria mud yang juga rutin bergowes ini bangga menjadi bagian “Anak Singkongnya Batam Kota” yang hari ini dapat menikmati keasrian dan keindahan alam sambal berolah raga sehat.

“Badan sebenarnya cukup lelah karena tadi malam sampai pukul 24.00 Wib masih dilokasi Ramah Tamah, Alhamdulillah penatnya badan ini serasa terobati dengan kemurnian dan keindahan alam setelah berehat pagi ini. Apalagi tadi penuturan bijak pak Jefridin mengingatkan kembali seolah berpesan; Jadilah Anak Singkongnya Batam Kota. Walaupun jabatan udah tinggi tetaplah ramah kepada warga yang memberi manfaat kepada semua” ujar Camat muda ini kepada Lensa Batam Kota.