AMANKAN BATAM KOTA DARI INTAIAN DBD

PUSKESMAS BOTANIA GENCAR EDUKASI MASYARAKAT DAN RUTIN SISIR TITIK RAWAN DBB BATAM KOTA – MENATA DARI SUDUT KOTA

“Sejak akhir Juni 2020 yang lalu kita terus ingatkan warga masyarakat melalui Lurah, RT/RW dan perangkat – perangkat dilingkungan agar selalu mengajak dan mengedukasi masyarakat kita tentang bahaya dan potensi adanya DBD ini, dengan selalu disiplin dan rajin menjada pola hidup sehat dan kebersihan lingkungan sekitar kita, utamanya 3M khusus untuk mencegah secara dini DBD di Wilayah Kecamatan Batam Kota” Aditya Guntur Nugraha, Camat Batam Kota.

BATAMKOTA, Menindak lanjuti Instruksi Walikota Batam, H. Muhammad Rudi, SE, MM beberapa waktu yang lalu terkait laporan perkembangan penanganan pasien DBD Kota Batam yang mengalami lonjakan yang cukup tinggi diakhir Juni 2020 yang lalu.

DBD yang merupakan salah satu pandemi tahunan dan sering masuk kedalam zona kejadian luarbiasa ketika terjadi disuatu wilayah. Selain dapat menyerang beberapa orang sekaligus dalam waktu yang bersamaan, DBD sering kali menjadi wabah disatu wilayah tertentu ketika telah terdapat suspek kasus dikawasan tersebut.

Pandemi yang ditularkan oleh nyamuk Aides Aigifty betina ini juga hampir setiap tahun melanda Kota Batam. Sehingga akan segera ditetapkan sebagai kejadian luarbiasa dan dikategorikan pandemi yang membutuhkan penanganan ekstra dan cakupan penanganan yang sering kali meluas dalam waktu yang cukup singkat.  

Sebelumnya, diakhir Juni yang lalu Walikota Batam melalui Camat Batam Kota, Aditya Guntur Nugraha telah mengirimkan himbauan kepada masyarakat melalui perangkat Lurah dan RT/RW dilingkungan setempat guna mengantisipasi potensi terjadinya DBD di Wilayah Kecamatan Batam Kota seiring dengan mulai tingginya curah hujan di Kota Batam sejak pecan ke – dua Juni 2020.

Menyikapi Instruksi Walikota Batam tersebut dan perkembangan potensi DBD yang mulai meluas di Kota Batam,  Puskesmas Botania di bawah arahan Dr. Agustin kini semakin gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat serta melakukan penyisiran langsung ke area – area yang menjadi titik rawan tumbuhnya DBD di Wilayah Kecamatan Batam Kota khususnya di Kelurahan Belian.

“Kita galakan sosialisasi keliling langsung ke titik – titik perumahan warga yang potensi terjadi DBD guna mengingatkan kembali pentingnya menjaga Pola Hidup Sehat dan melaksanakan 3M guna mencegah secara dini potensi terjadinya DBD dilingkungan sekitar tempat tinggal kita” ujar Dr. Agustin kepada Lensa Batam Kota, Kams (23/07).

Senada dengan Kepala Puskesmas Botania, Camat Batam Kota pun senantiasa mengingatkan masyarakat dalam beberapa kesempatan akan tingginya potensi DBD seiring dengan semakin tingginya curah dan intensitas hujan sejak akhir Juni 2020 yang lalu.