RESMIKAN KAMPUNG TANGGUH TAMAN RAYA

Kapolresta Barelang Yos Guntur Bangga dan Takjub Terhadap Kemandirian dan Kekompakan Warga Dalam Survival Selama Masa Pandemi Covid – 19

BATAMKOTA, Kapolresta Barelang Bapak Kombespol Yos Guntur Yudi, F.S., SH, S.IK, MH. Dan Dandim 0316 Kota Batam Bapak Letkol Sigit Wiryawan Meresmikan Kampung Tangguh Taman Raya RT. 07 RW 24 Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota, Kamis (04/02) yang didampingi langsung oleh Camat Batam Kota Bapak Aditya Guntur Nugraha, Danramil Nongsa Kapten Inf. H. P. Siregar, Kapolsek Batam Kota Akp. Restia Octane Ghucie, SE, S.IK serta Lurah Belian Bapak Kamarul Azmi, S.STP, Perangkat RT, RW dan Tokoh Masyarakat Setempat.

Kegiatan Pendampingan Kampung Tangguh yang merupakan inisiasi Kepolisian Republik Indonesia selama masa pandemi covid-19 yang melanda sejak awal tahun 2020 ini merupakan perwujudan kepedulian korps coklat tersebut terhadap kondisional masyarakat yang mengalami dampak diberbagai sektor sendi kehidupan akibat hantaman pandemi yang meluas hampir diseluruh wilayah nusantara.

Di Batam Kota sendiri Kampung Tangguh Taman Raya merupakan progam yang sama untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya kegiatan serupa juga sudah dilaksanakan pada tahun 2020 yang lalu yaitu Kampung Tangguh Taman Niaga Kelurahan Belian yang diresmikan langsung oleh Kapolda Kepri dan Walikota Batam.

Kombespol Yus Guntur Sangat terkesima dan takjub terhadap berbagai aktivitas warga setempat yang benar benar kompak dan mandiri dalam peran serta masyarakat agar tetap survival selama masa pandemi melanda Kota Batam yang ia saksikan langsung dilapangan saat berkeliling ke berbagai titik di Kampung Tangguh Taman Raya tersebut.

“Kampung Tangguh ini merupakan wujud kepedulian kami dari pihak kepolisian terhadap masyarakat kita yang terdampak pandemi covid-19. Dan saya sangat bangga dan takjub terhadap kekompakan dan kemandirian warga kita disini yang saling bahu membahu dengan tingkat kesadaran yang cukup tinggi terhadap pentingnya protokol kesehatan namun tetap mampu berdikari memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga tidak ikut terpuruk dalam resesi yang dialami sebagian besar warga kita” kesan Kombes berkacamata ini antusias melihat masyarakat binaannya yang telah berhasil dan tangguh dalam mengatasi persoalan selama masa pandemi covid-19.

Pantauan Lensa Batam Kota dilokasi, selain berhasil mengelola bidang pertanian dan peternakan sebagai sumber penghidupannya, masyarakat setempat juga aktif dalam mengikuti anjuran pemerintah dan berinisiasi mengembangkan kemandirian dalam hal pemenuhan terhadap kebutuhan lainnya seperti ketersediaan pusat bermain dan pendidikan bagi anak – anak, ruang instalasi darurat covid yang difasilitasi oleh Puskesmas Botania, Protokol Kesehatan hingga pengembangan seni budaya. Salah satunya eksistensi Group Kesenian Kuda Lumping Krida Taruna Sri Budaya dibawah arahan Joyo Suwito yang turut serta menampilkan kemampuannya pada kegiatan tersebut.

Warga juga sempat menyampaikan aspirasinya agar difasilitasi pembentukan koperasi bagi warga setempat untuk membantu pengembangan kemandirian warga dimasa yang akan datang.

“kami sangat berterima kasih atas perhatian bapak Kapolresta Barelang yang selama ini telah memberikan pembinaan kepada kami, juga kepada pak Dandim, pak Camat dan pak Lurah, serta bu Kapolsek Batam Kota dan pak Danramil. Kalau bisa kedepannya kami mohon dibantu agar bisa dibentuk koperasi disini untuk membantu warga – warga disini pak” ujar AS salah satu warga dalam aspirasinya.

Camat Batam Kota menjelaskan bahwa keberhasilan Kampung Tangguh Taman Raya ini merupakan keberhasilan warga yang senantiasa kompak dan bahu membahu mengatasi dampak pandemi covid-19 dibawah arahan Kapolresta Barelang dan jajarannya.

“ini keberhasilan warga yang sangat membanggakan kita semua, tentunya atas perhatian dan pembinaan pak Kombes Yos Guntur selaku Kapolresa Barelang dan Jajarannya yang memang sangat peduli terhadap sosial kemasyakatan di Kota Batam” ujar Aditya dilokasi acara.