MASYARAKAT HARUS MAMPU MENDISIPLINKAN DIRI

JELANG PELONGGARAN SOSIAL 15 JUNI 2020

“Adanya supporting langsung dari seluruh lapisan masyarakat yang mampu mendisiplinkan diri mentaati protokol kesehatan, utamanya wajib masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak aman dan membatasi diri jika tidak memiliki keperluan mendesak, menjaga pola hidup sehat dan kebersihan lingkungan, asupan gizi seimbang, rutin berolahraga dan instirihat yang cukup adalah Kunci Keberhasilan Dalam Penanganan dan Pencegahan Covid-19 ini. Selain peran aktif dari perangkat lingkungan yang benar – benar bekerja secara optimal di bawah kendali kelurahan dan Kecamatan setempat serta kerja keras dan sistem penangan yang terintegrasi melalui Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam. Dalam hal ini tentunya mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk itu masyarakat harus bisa menjadi pengawas bagi dirinya sendiri dan orang lain” Aditya Guntur Nugraha Camat Batam Kota.

BATAM KOTA, Dihari pertama kerjanya pasca Hari Raya Idul Fitri 1441H, Walikota Batam H. Muhammad Rudi dan Wakil Walikota Batam H. Amsakar Achmad yang juga merupakan Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam langsung mengumpulkan seluruh elemen masyarakat untuk duduk bersama memusyawarahkan berbagai persiapan jelang dilonggarkannya Sistem Kehidupan Sosial yang deterapkan selama masa covid-19 tida bulan terahir di Kota Batam, Selasa ( 26/05).

Terlihat hadir utusan berbagai kalangan memadati pelataran Dataran Engku Putri yang menjadi basis Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam. Forkopinda, Jajaran OPD, Unsur Keagamaan, Unsur Pengusaha dan Pelaku Ekonomi, Tokoh – Tokoh Masyarakat dan beberapa perwakilan Lintas Organisasi yang ada di Kota Batam. Muswayarah ini menindaklanjuti Instruksi yang telah di canangkan sebelum nya oleh Presiden Jokowi tentang dibukanya kembali akses tiga daerah yaitu Yogyakarta, Bali dan Propinsi Kepulauan Riua. 

Tentunya musyawarah ini adalah  membahas berbagai persiapan jelang pelonggaran aktivitas masyarakat dalam kehidupan sosial di Kota Batam yang akan di buka mulai 15 Juni 2020 (jika tidak ada perubahan) yang dibahas secara runut dan rinci dari seluruh aspek yang adasecara konperhensif  melalui berbagai masukan dan pendapat pertimbangan  para ahli yang hadir dalam musyawarah tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran dan resum yang telah kami lakukan ada beberapa poin penting yang menjadi catatan Lensa Batam Kota, diantaranya :

  • Pemerintah Kota Batam akan mengerahkan seluruh Aparatur untuk terlibat langsung dalam kegiatan percepatan penanganan dan pencegahan covid-19 jelang 15 Juni 2020 khususnya dalam hal edukasi dan monitoring kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.
  • Melibatkan seluruh Unsur yang ada di Kota Batam Baik itu Unsur Pemerintahan, TNI & Polri, Unsur Keagamaan, Unsur Pemangku Usaha, Unsur Organisasi, Unsur Lingkungan dan Masyarakat Umum untuk dapat berperan aktif dan memastikan bahwa apa yang telah dimusyawarahkan dijalankan sebagaimana mestinya.
  • Unsur Perangkat Lingkungan Seperti RT/RW/LPM dll serta Unsur Pengurus Rumah Ibadah ikut bertanggung jawab dalam memastikan pelaksanaan penerapan protokol kesehatan secara langsung di masih – masih wilayah kerjanya.
  • Jelang 15 Juni 2020 ini masyarakat diharapkan sudah dapat benar-benar meningkatkan kedisiplinan diri dalam penerapan protokol kesehatan agar ketika dilaksanakan pelonggaran sosial nantinya masyarakat sudah mulai beradaptasi dengan keadaan dalam tatanan sosial ditengah covid-19 yang akan mulai dilonggarkan nantinya.
  • Garda terdepan dalam pelonggaran sistem kehidupan sosial ditengah covid-19 ini nantinya adalah masyarakat itu sendiri jangan sampai lalai dan abai atas keselamatan dirinya dan orang lain disekitarnya dan mengutamakan sikap saling menjaga, menghormati dan peduli atas keselamatan bersama seluruh masyarakat di Kota Batam.
  • Memastikan untuk menyembuhkan yang sakit dan yang sehat semakin bugar agar tidak adalagi penambahan kasus positif covid-19 dan melakukan pencegahan semaksimal mungkin dengan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat.

Dalam hal ini point intinya adalah bagaimana masyarakat di Kota Batam bersama seluruh elemen yang ada dibawah koordinsasi Pemerintah Kota Batam melalui Satuan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam dapat benar – benar bersinergi, secara serentak bergerak memutus covid -19 yang kunci utamanya ada apada Tingkat Disiplin yang tinggi dari masyarakat dalam mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan selama pelonggaran ditengah masa disesa.

Dengan kemajemukan tingkat pendidikan, pengetahuan dan latar belakang sosial budaya yang ada pada masyarakat diharapkan tidak menjadi kendala dalam pelaksanakannya nantinya, maka tugas beratnya  adalah :

Masyaraka Harus Bisa Mendisiplinkan diri mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan pada seluruh aktivitasnya dalam kehidupan sehari – hari secara ketat dan tidak mentolelir pelanggaran jenis apapun baik oleh dirinya sendiri atau pun dilakukan oleh orang lain. Dalam hal ini kesadaran dan kepedulian masyarakat menjadi kata kuncinya.