KOS-KOSAN LUDES TERBAKAR DI KAMPUNG MELAYU SUNGAI PANAS

Batam Kota, Rabu, 13 Mei 2020,  Sekira pukul 10.00 pagi satu unit Rumah Induk dengan enam kamar kos yang ada hangus terbakar, Diperkirakan api berasal dari salah satu kamar penghuni kos, namun api sangat cepat merambat dan membesar hingga menghanguskan beberapa kamar yang hanya bersekatan hingga melalap Rumah Induk pemilik kos – kosan yang beralamat di Kampung Melayu RT. 02 RW. 01 Kelurahan Sungai Panas tersebut.

Mengantisipasi bencana yang lebih besar warga setempat bersama perangkat lingkungan RT dan RW langsung menghubungi pihak – pihak terkait untuk agar sedera mendapatkan penanganan pemadaman kebakaran yang terjadi.

Tak lama berselang Camat Batam Kota Bapak Aditya Guntur Nugraha  didampingi Lurah Sungai Panas Tommy Army yang sebelumnya berada di lokasi Pasar Legenda Malaka Kelurahan Baloi Permai dalam rangka pelaksanaan RDT terhadap para pedagang dan masyarakat yang beraktivitas dan berbelanja di pasar tersebut guna sebagai langkah pencegahan penyebaran covid-19,  langsung turun menuju lokasi kebakaran tersebut. Api masih Nampak berkobar dilokasi kebakaran tersebut saat camat muda ini tiba dilokasi kebakaran.

Melalui Pihak Perangkat Lingkungan Setempat Camat muda ini meminta tagana dibantu perangkat lingkungan agar dapat segera mengumpulkan data real dilapangan terkait jumlah korban dan taksiran jumlah kerugian  yang ada.

Selain itu Aditya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga setempat yang sangat pro aktif membantu pemedaman dan menyelamatkan barang – barang korban sehingga kerugian dapat diminimalisir. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih Petugas dan TIM Pemadam Kebakaran Kota Batam yang sangat cepat tiba dilokasi sehingga kebakaran dapat segera dipadamkan dan tidak sampai merambat ke rumah – rumah warga yang lain, “petugas damkar kita sangat sigap sehingga sekitar pukul 11 tadi api sudah dapat dipadamkan dan tidak sampai merambat ke rumah warga yang lain”. Ujarnya.

Dihadapan keluarga dan penghuni kos-kosan korban kebakaran tersebut,  Aditya juga menyampaikan ungkapan prihatin dan turut berbela sungkawa atas bencana kebakaran yang terjadi, ia meminta kepada warga agar bekerja sama menyampaikan informasi real yang dibutuhkan tentang apa saja yang telah menjadi kerugian terkai kebakaran tersebut. Dalam kesempatan tersebut juga Aditya langsung menghubungi pihak Dinas Sosial Kota Batam terkait Bantuan yang dapat segera disalurkan kepada para korban.

“Mengingat saat ini kita sedang menjalani ibadah puasa, apalagi ditengah krisis covid-19 ini tentunya kejadian kebakaran ini akan sangat memukul mental warga yang menjadi korban kebakaran tersebut. Karena itu kami meminta kepada Dinas Sosial Kota Batam agar dapat segera menyalurkan bantuan yang ada kepada korban karena sangat dibutuhkan khususnya kebutuhan sandang dan pangan untuk saat ini, ia juga meminta kebesaran hati warga lain disekitar lingkungan tersebut yang masih memiliki kelonggaran agar dapat saling membahu meringankan beban korban kebakaran yang terjadi”, pungkasnya.

Ditemui saat mendampingi Camat Batam Kota, Lurah Sungai Panas Tommy Army mengatakan bahwa berdasarkan data yang sudah terkumpul saat ini korban berjumlah 17 orang yang merupakan penghuni kos-kosan ddan satu keluarga pemilik rumah tersebut, yang terbakar hanya saru unit rumah dengan 6 kamar kos-kosan dan ini sudah kita laporkan kepada pihak terkait khususnya Dinas Sosial Kota Batam agar dapat segera mendapatkan penanganan lebih lanjut khususnya menyangkut kebutuhan pakaian dan konsumsi bagi korban beberapa hari kedepan, ujar lurah paling senior di Kecamatan Batam Kota ini.