DATANG DARI NEGERI JIRAN

SEORANG TKI DIEVAKUASI KE PUSAT KARANTINA TG. UNCANG

BATAM KOTA, Khawatair membawa Covid-19, Tim Satuan Gugus Tugas Covid-19 Pokja Kecamatan Batam Kota langsung merespon cepat dan mengevakuasi Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Bandar  Lampung  yang bekerja sebagai buruh di negri jiran Malaysia ini ke Pusat Rehabilitasi dan Karantina Covid-19 Rusun Tanjung Uncang, Rabu (13/05).

Berdsarkan penelusuran kami, TKI yang berinisial GT telah berada di Kota Batam selama dua hari, ia baru saja datang dari negeri jiran Malaysia  yang masuk ke Batam melalui salah satu pelabuhan tidak resmi, lalu menyelinap masuk kedalam Mushollah di Salah Satu Sekolah Swasta yang berada di kawasan Batam center. Hingga akhirnya ditemukan penjaga sekolah yang kemudian dilaporkan kepada RT/RW dan Perangkat Lingkungan setempat.

Perangkat RT yang dihubungi langsung melanjutkan informasi tersebut kepada Pihak Kelurahan dan TIM Percepatan Penanganan Covid – 19 Kecamatan Batam Kota untuk segera mendapatkan penanganan dan tindakan selanjutnya.

Tim Satuan Gugus Tugas Covid-19 Pokja Kecamatan Batam Kota langsung turun kelokasi dan melakukan identifikasi dan persiapan yang diperlukan sesuai protokol kesehatan penanganan covid-19, hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi mengingat adanya informasi bahwa GT adalah seorang TKI yang baru saja datang dari daerah yang merupakan wilayah penyebaran Pandemi Covid-19 yaitu Malaysia.

Setelah beberapa persiapan yang diperlukan rampung, Tim Satuan yang sudah berkoordinasi kepada pihak-pihak terkait langsung mengevakuasi GT ke Rusun Tanjung Uncang untuk menjalani Karantina Intensif. Sekitar pukul 23.45 tim sudah tiba di Rusun  Tg. Uncang dan melakukan persiapan serah terima Pasien Karantina.

Nampak Hadir dilokasi Rusun Tg. Uncang Lurah Teluk Tering  Wikrah W. yang turun langsung mengantarkan GT didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Teluk Tering serta TIM Medis Puskesmas Baloi Permai. “yang bersangkutan adalah TKI Malaysia asal lampung ya, keterangannya sih sudah dua hari menyelinap di  mushollah salah satu sekolah swasta di wilayah kita, nah tadi yang bersangkutan ini ada mengeluh sakit juga jadi langsung kita evakuasi kesini ajah supaya bisa mendapatkan perawatan yang maksimal” ujar wikrah menjelaskan.

Camat Batam Kota Aditya Guntur NS yang dihubungi secara terpisah membenarkan adanya seorang TKI yang dievakuasi ke Rusun Tg. Uncang untuk mendapatkan perawatan karantina. “iya benar tadi Lurah Teluk Tering bersama Tim Kelurahan dibantu Oleh TIM Medis Puskesmas Baloi Permai dan didampingi oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmasnya langsung turun kelokasi dan mengantarkan langsung yang bersangkutan ini untuk dievakuasi ke Rusun Tg. Uncang karena yang bersangkutan ini juga mengeluh ada sakit ya, nantinya terhadap yang bersangkutan ini selain tadi sudah di RDT nanti juga akan dilakukan swab untuk lebih memastikan apakah yang bersangkutan ini positif atau negatif hasilnya” ujar Aditya menjelaskan singkat.