TOTALITAS SUNGAI PANAS PUTUS COVID-19

BENTUK NYAH COVID-19 SUNGAI PANAS HINGGA GANDENG MAHASISWA KKN DARI UNRI

BATAM KOTA, Kelurahan Sungai Panas yang dinahkodai oleh Tommy Army Selaku Lurah dan M. Richo Tambusai selaku Sekretaris Kelurahan, merupakan Salah Satu kawasan padat penduduk di Wilayah Kecamatan Batam Kota dengan merupakan salah satu Kelurahan dengan Peran Aktif Masyarakat dan tingkat kepedulian yang sangat tinggi khususnya dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan baik di tingkat kelurahan, kecamatan hingga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di tingkat Kota Batam.

Atas inisiatif dan dorongan dari salah satu Anggota DPRD Kota Batam yang kebetulan berdomisili diwilayah tersebut, punggawa kelurahan dan perangkat lingkungan setempat menjadi semakin semangat dan giat dalam upaya pencegahan dan penanganan pandemi ini. Tidak hanya memberikan dorongan Anggota DPRD tersebut juga tidak sungkan-sungkan turun langsung melaksanakan giat bersama perangkat lingkungan dan masyarakat setempat. Tercatat sejak awal bulan Februari 2020, dibawah binaan Taufik Muntasir atau yang akrab disapa Pak ACE, Ketua Fraksi Salah Satu Partai di DPRD Kota Batam ini telah  membentuk Satuan Tugas Penanganan Covid-19 untuk wilayah Kelurahan Sungai Panas yang lebih dikenal luas oleh masyarakat setempat dengan sebutan TIM NYAH COVID-19 Sungai Panas. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh Tim yang berisikan perangkat lingkungan dan masyarakat Sungai Panas ini. Mulai dari Penyisiran dan Pendataan Penduduk yang terdampak covid-19, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin ke seluruh wilayah perumahan yang ada diwilayah tersebut, penyediaan dan pembagian handsanitizer kepada warga, membantu distribusi bantuan sembako dari Pemerintah Kota Batam hingga penyisiran titik-titik keramaian untuk memberikan himbauan dan pembagian masker kepada masyarakat yang ditemukan tidak memakai masker

Penyisiran titik keramaian dan pembagian masker ini seracara rutin dilaksanakan setiap harinya, khususnya dibulan ramadhan ini giat tersebut semakin diintensifkan mengingat banyaknya warga masyarakat yang mengisi bulan ini dengan kegiatan bazar takjil dan lainya. Tim ini seolah tak pernah lelah melakukan pendekatan persuasif kepada warganya agar tetap mentaati himbauan Pemerintah Kota Batam untuk membatasi diri, disiplin menerapkan protokol kesehatan, memakai masker dan tidak berkerumun. Saat ditemui pak ace  mengatakan bahwa ia sebagai salah satu tokoh masyarakat setempat sangat bangga dan terus mendorong dan mensupport kinerja Tim Nyah Covid-19 Sungai Panas ini yang tidak pernah menyerah berkarya untuk masyarakat Sungai Panas.

“Tim ini kita bentuk beberapa bulan yang lalu sebagai bentuk dukungan terhadap Program dan Upaya Pemerintah Kota Batam dalam memutus Covid-19 ini, saya selaku tokoh sekaligus masyarakat Sungai Panas sangat bangga dan mengapresiasi kinerja kawan-kawan semua yang sangat luar biasa untuk kemaslahatan masyarakat sungai panas. Bahkan tidak ada hari libur kawan-kawan terus bergerak menyisir tiap titik dengan berbagai kegiatan, ada penyemprotan disinfektan, himbauan hingga membagikan masker untuk masyarakat” ujar Pak Ace menjelaskan.

“Pak Rudi Selaku Walikota dan Pak Amsakar Wakil Walikota Batam tak henti-hentinya mengingatkan agar masyarakat benar-benar dispilin membatasi diri dan menerapkan pola hidup sehat sesuai protokol kesehatan, jadi marilah kita sebagai masyarakat untuk dapat berperan aktif melaksanakan himbauan yang telah disampaikan” pintanya kepada warga masyarakat.

TIM dengan segudang perstasi yang telah dilaksanakan ini juga pernah mendapat kunjungan kehormatan langsung dari Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, S.Sos, M.Si memberikan semangat dan dorongan agar tim ini semakin solid dan terus membangun konsolidasi ke seluruh perangkat lingkungan yang ada di Kelurahan Sungai Panas. “Semua Lini Tim Kelurahan dan Kecamatan di Kota Batam telah bekerja keras menangani covid-19 ini, dan yang ini adalah  Tim yang luar biasa dan sangat solid,  baru di Kelurahan Sungai Panas ini saya temui TIM yang berisi orang-orang hebat dan luas biasa” ujar Amsakar memberi semangat beberapa waktu yang lalu.

Tim yang digawangi oleh Ketua LPM Kelurahan Sungai Panas dan Tokoh – tokoh Kelurahan ini terus berinovasi dalam misi kemanusiaan yang dilaksanakan dengan menggandeng beberapa Mahasiswa dari Universitas Negeri Riau yang sedang melaksanakan KKN di Kota Batam dalam melaksanakan setiap aksinya. Tercatat ada tiga orang mahasiswa yang berperan katif mengikuti setiap kegiatan yang dilaksakan sejak awal Mei 2020 yang lalu. Mahasiswa semester akhir yang berasal dari Fakultas MIPA, Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik  ini terlihat antusias dan semangat mengikuti kegiatan kemanusiaan ini. Dini Berliana salah satu diantara mereka  mengatakan bahwa mereka cukup beruntung dapat mengikuti kegiatan kemanusiaan ini.

 “Beruntung ya, ketika kami turun KKN seperti ini pas ada pandemi covid-19 ini, jadi kami bisa langsung tahu bagaimana karakter dan keadaan masyarakat di Kota Batam ini dalam menyikapi kondisi krisis wabah seperti ini serta bagaimana penanganan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Setempat apakah sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya dan apakah sudah tepat sasaran setiap program penanganan covid-19 yang telah dilaksanakan. Dan Kelurahan Sungai Panas ini memang luar biasa menurut saya” ujarnya.

Tentunya hal ini sangat layak untuk menjadi teladan bagi Seluruh Masyarakat Kota Batam dalam upaya menigkatkan peran serta masyarakat dalam berbagai upaya kegiatan sosial kemasyarakat di Kota Batam.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up