MASYARAKAT BATAM KOTA MULAI BERADAPTASI

PENEGAKAN PROTOKOL KESEHATAN DISAAT PANDEMI COVID-19

BATAM KOTA, Ketika sebagian besar masyarakat Kota Batam tetap displin mentaati protokol kesehatan yang menjadi keharusan  dimasa Pandemi Covid-19 dan terus menerus dihimbau dan dilantangkan oleh Pemerintah Kota Batam beserta seluruh Organisasi Perangkat Daerah khususnya Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan yang tersebar di seluruh Kota Batam, disaat yang sama disisi yang berbeda sebagian masyarakat justeru cenderung abai dan acuh tak acuh terhadap apa yang dihimbaukan oleh Pemerintah Kota Batam yang pada dasarnya didasarkan atas masukan dan kajian konperhensif dari berbagai kalangan yang memang memiliki keahlian dibidangnya khususnya Pemuka Agama, Ahli Kesehatan dan Ahli Sosial Kemasyarakatan.

Hal ini tidak hanya berlaku di Kota Batam saja tetapi hampir merata di Seluruh Dunia. Bahkan Negara – negara Adidaya seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan negara – negara benua biru lainnya secara nyata mengadopsi apa yang menjadi Tuntunan Dalam Islam sebagai konsep yang dianggap paling sempurna dalam penanganan dimasa –masa sebuah negeri dilanda penyakit yang mewabah seperti covid-19 ini.

Pentingnya kesadaran dalam penegakan disiplin protokol kesehatan dimasa covid -19 adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan diri pribadi, keluarga dan orang lain disekitarnya yang menjadi salah satu kunci dalam upaya pemerintah memutus rantai penyebaran disesa ini.

Sayangnya dilain sisi perilaku sebagian masyarakat yang terus abai dan acuh ini justeru menjadi anti klimak terhadap upaya Pemerintah Kota Batam untuk dapat segera memutus disesa ini dan akhirnya hanya akan menghasilkan bumerang yang memicu pandemi covid-19 ini menjadi semakin memawabah dan akan mencapai titik diluar kendali jika tidak segera ditangani dengan benar.

Jika saja boleh dianalogikan, pada akhirnya musuh sesungguhnya dalam perang melawan disesa yang mewabah ini bukanlah covid-19 tetapi musuh terbesar nya adalah perilaku tidak disiplin, keabaian dan keacuhan diri sebagian masyarakat itu sendiri. Dan Kenyataannya Covid-19 bukan tidak dapat disembuhkan apalagi tidak dapat dihentikan. Justeru Sebagian dari masyarakat kita sendirilah yang menjadi pemicunya sehingga pandemi ini bisa saja akan terus ada dan semakin meluas pada akhirnya.

Berdasarkan hasil penelusuran dan penyisiran penegakan disiplin masyarakat terhadap pentingnya melaksanakan protokol kesehatan disaat pandemi covid-19 di Wilayah Kecamatan Batam Kota serta berbagai hasil kajian yang diresum dari berbagai literasi dan berbagai media yang ada di Kota Batam, dapat diketahui bahwa sebagian masyarakat kita masih sangat minim dalam kesadaran dan kepedulian akan pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan khususnya disiplin dalam penegakan protokol kesehatan dimasa pandemi covid-19. Bahkan ditemukan beberapa masyarakat yang tidak hanya menolak secara terang – terangan ketika dihimbau oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Pokja Kecamatan Batam Kota tetapi justeru menentang secara kasar dan tidak beretika seolah memiliki kekebalan terhadap covid-19 dan sangat abai terhadap keselamatan dirinya sendiri apalagi orang lain disekitarnya.

Perilaku Masyarakat yang abai dan acuh inilah sesungguhnya yang kemudian menjadi penyebab dasar mengapa di Kota Batam Upaya Pemerintah Kota Batam untuk segera memutus rantai penyebaran covid-19 ini seoleh menemui tingkat kesulitan yang tidak kecil.

Selama masa hampir memasuki kwartal pertama ini Pemerintah Kota Batam melalui Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam yang disupport oleh seluruh OPD dilingkungan Pemerintah Kota Batam tetap teguh dan tidak menyerah menjalankan tugas kemanusiaan ini walaupun berbagai opini dan tanggapan negatif terus ditujukan atas berbagai kebijakan yang telah dilaksanakan sebagai upaya nyata memutus rantai penyebaran covid-19 di Kota Batam.

Langkah ini terbukti cukup efektif dalam menekan perilaku abai dan acuh masyarakat khususnya di Kecamatan Batam Kota yang pada awalnya kurang peduli akan hal tersebut, perlahan – lahan mulai menunjukan arah yang cukup positif dalam membangun kesadaran dan kepedulian terhadap keselamatan diri, keluarga dan orang lain disekitar kita.

Perlahan tapi pasti pula masyarakat Kecamatan Batam Kota ini mulai mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang tengah diterpa disesa ini. Tingkat kesadaran masyarakat dalam penegakan disiplin protokol kesehatan dimasa covid-19 ini terus menunjukan peningkatan seiring dengan keteguhan Tim dilapangan yang terus menerus melakukan penyisiran dengan tujuan utamanya adalah mengedukasi masyarakat itu sendiri. Karena sesungguhnya musuh utama kita bukanlah covid-19 yang menjadi pandemi melainkan perilaku sebagian masyarakat yang masih kurang dalam kesadaran dan kepedulian terhadap keselamatan diri dan lingkungan.

Memalui Komando Walikota Batam H. Muhammad Rudi dan Wakil Walikota Batam H. Amsakar Acmad, Pemerintah Kecamatan Batam Kota dibawah binaan Aditya Guntur Nugraha selaku Camat Batam Kota terus membangun semangat dan keteguhan Tim Gugus Tugas Covid-19 Pokja Kecamatan Batam Kota untuk terus berjuang melawan rasa lelah dan kecewa akibat perilaku sebagian masyarakat yang terus abai dan acuh. Namun ini adalah tugas kemanusiaan selaku abdi negara dan abdi masyarakat yang tetap harus semangat demi terciptanya masyarakat yang aman sejahterah bebas dari disesa walau diri lelah dan hampir tak berdaya.

Camat Muda ini terus bergerak membawa tim binaannya bersama jajaran pimpinan di Kecamatan Batam Kota dan Lurah se – Kecamatan Batam Kota yang menjadi leader utama dilapangan yang didampingi oleh jajaran Danramil 03 Nongsa, Jajaran Polsek Batam Kota, Jajaran Tim Medis Kecamatan Batam Kota serta Relawan, Tokoh Perangkat Lingkungan dan seluruh Elemen Masyarakat untuk tetap semangat memberikan edukasi kepada masyarakat Kecamatan Batam Kota sebagai tujuan utama selain dari tindak pencegahan dan penanganan covid-19 itu sendiri.

“Tim Covid-19 Batam Kota ini terus bergerak seirama dan semangat memutus covid-19 sesuai arahan pak Wali dan pak Wakil Walikota Batam selaku Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam pagi, siang, sore bahkan hingga larut malam kita terus bekerja sesuai arahan beliau. In Sya Allah satu per satu akan kita urai titik – titik yang menjadi hambatan berdasarkan masukan hasil  monitoring dan evaluasi tim yang selalu bergerak dilapangan. Saat ini yang terpenting adalah bagaimana kita mengedukasi masyarakat agar dapat segera beradaptasi dalam menjalankan sendi kehidupan sosial disaat pandemi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang senantiasa kita himbaukan setiap harinya” ujar Camat yang pernah berugas sebagai Lurah Teluk Tering ini saat ditemui Tim Lensa Batam Kota beberapa waktu yang lalu.