BATAM KOTA LANTIK PPS PERTAMA DI INDONESIA

RUDI INGATKAN PENTINGNYA PROTOKOL KESEHATAN

BATAM KOTA, Bertempat di Aula Kantor Pemerintah Kecamatna Batam Kota Wiliam Seipatiratu Komisioner KPU Kota Batam Devisi Teknik sekaligus Kordiv Batam Kota, Lubuk Baja dan Galang,  melantik 33 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 11 Kelurahan yang tersebar pada 2 Kecamatan yaitu 6 Kelurahan di Wilayah Kecamatan Batam Kota dan 5 Kelurahan di Wilayah Kecamatan Lubuk Baja.

“Hari ini merupakan sejarah baru di Indonesia, yaitu dilaksanakannya Pilkada Serentak di seluruh kabupaten/ kota se Indonesia  dimasa Covid-19 yang masih menjadi disesa. Dan yang paling membanggakan bagi kita adalah Bahwa Batam Kota dan Lubuk Baja merupakan Kecamatan yang pertama di Indonesia yang melaksanakan tahapan Pilkada Serentak secara nasional, yang beberapa waktu lalu sempat terhenti karena adanya pandemi covid-19. Secara Nasional hari ini akan dilaksanakan pelantikan PPS diseluruh Kabupaten/ Kota yang melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020 tepat pukul 9.00 Wib, dan kita yang jadi yang pertama karena tadi kegiatan ini  telah dilaksanakan pukul 08.45 Wib” ujar Wiliam dalam sambutannya (15/06).

Dalam pantauan Lensa Batam Kota, Walikota Batam H. Muhammad Rudi telah hadir di pelataran halaman Kantor Pemerintah Kecamatan Batam Kota seja pukul 08.25 dan sekitar 20 menit kemudian acara pelantikan PPS Kecamatan Batam Kota dan Lubuk Baja ini dilaksanakan. Sebelum Acara tersebut, Rudi sempat berbicang – bincang santai kepada beberapa masyarakat yang terlihat antri di kursi tunggu Pelayanan Kecamatan Batam Kota. Selain menanyakan bagaimana proses dan prosedur pelayanan ia juga sempat menanyakan bagaimana pandangan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan yang telah diberikan oleh Pemerintah Kecamatan Batam Kota.

Beberapa saat Rudi juga berkeliling kebeberapa ruangan dan sekitar lingkungan Kantor Pemerintah Kecamatan Batam Kota guna mengecek sendiri beberpa fasilitas dan infrastruktir perkantoran yang menunjang penyelenggaraan tugas – tugas perkantoran khususnya bidang  pelayanan di Kecamatan Batam Kota. Rudi juga sempat memberikan beberapa arahan kepada Aditya Guntur Nugraha selaku Camat Batam Kota  dan Fhaisal Isfandhi selaku Sekretaris Camat Batam Kota untuk segera melakukan beberapa perbaikan terkait fasilitas yang dipantau Walikota terbaik se – Asia Ternggara tersebut.

Dalam Acara Pelantikan PPS tersebut, Rudi yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesatuan Bangsa, Politik dan Linmas Kota Batam serta beberapa Kepala OPD, Camat Batam Kota, Camat Lubuk Baja, Sekretaris Camat Batam Kota, dan seluruh Lurah di Kecamatan Batam Kota dan Lubuk Baja ini menyampaikan beberapa poin dalam sambutannya salah satunya mengingatkan kembali kepada masyakat dan penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kota Batam agar selalu memperhatikan dan pentingnya menegakan   disiplin protokol kesehatan di masa covid-19 ini.

“Saya Hadir saat ini selaku Walikota Batam yang juga menerima mandat dari konstitusi bertanggung jawab terhadap seluruh rangkaian tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kota Batam ini. Untuk itu saya tak henti – hentinya mengingatkan kembali pentingnya melaksanakan protokol kesehatan dalam pelaksanaan seluruh tahapan pilkada nantinya. Karena kita masih berada dimasa covid-19 ini bukan berarti kita harus menyerah dan berpangku tangan. Pilkada Serentak ini juga amanah konstitusi karena itu kewajiban kita semua agar pilkada serentak ini dapat terselenggara dengan aman dan sukses namun tetap disiplin menegakan protokol kesehatan dan menjaga pola hidup sehat setiap saat” ujar Rudi dalam sambutan tersebut.

“Selamat menjalankan tugas kepada bapak dan ibu yang baru saja dilantik sebagai PPS di Kelurahan masing – masing, dan laksanakan lah tugas dan kewajiban bapak/ ibu selaku penyelenggara Pilkada Serentak sebagaimana yang telah diamanahkan oleh undang – undang dan peraturan yang berlaku. Sukses dan tidaknya Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kota Batam ini salah satunya sangat bergantung bagaimana bapak/ ibu menjalankan amanah tersebut. Kota Batam harus memiliki seorang figur Walikota dan Wakil Walikota Batam yang dicintai dan dipilih oleh seluruh masyarakat Kota Batam melalui mekanisme pemilu yang telah diatur oleh konsitusi” pungkas Walikota yang menerima beberapa penghargaan sebagai waliikota terbaik secara nasional dan internasional ini dalam kesempatan tersebut.

Tampak hadir dilokasi Pelantikan PPS Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Lubuk Baja ini Syailendra Reza I.R, Ketua Bawaslu Kota Batam dan Jajaran, Perwakilan Kapoltabes Barelang dan jajaran, Kapolsek Batam Kota an Jajaran, Subbag Teknis KPU Kota Batam dan jajaran, Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan Batam Kota dan Lubuk Baja, Ketua dan Anggota PPK Kecamatan Batam Kota dan Lubuk Baja serta jajaran Pengawas Pemilu Kelurahan Kecamatan Batam Kota.