MENYATUKAN DERAP DAN LANGKAH

RAPAT MONITORING DAN EVALUASI UNSUR PIMPINAN KECAMATAN BATAM KOTA

BATAM KOTA, Disela – sela kesibukannya selaku Camat Batam Kota yang merupakan Wilayah Kecamatan terluas di Kota Batam dengan tingkat kepadatan penduduk terbanyak kedua setelah Kecamatan Sagulung, Aditya Guntur Nugraha yang didampingi oleh Sekretaris Camat Batam Kota Fhaisal Isfandhi duduk bersama unsur pimpinan di Kecamatan Batam Kota membahas dan mengevaluasi berbagai perkembangan terkait pelaksanaan program dan progres kinerja dari beberapa perencanaan yang menjadi kebijakan dalam renja Kecamatan Batam Kota. Kamis (18/06).

Tampak hadir dalam pertemuan disore hari tersebut Unsur Lurah dari enam wilayah Kelurahan yang ada di Batam Kota serta seluruh  Kepala Seksi dan Kepala Subbagian di lingkungan Kecamatan Batam Kota. Dalam pantauan Lensa Batam Kota, rapat pimpinan yang dilaksanakan tertutup tersebut, beberapa peserta rapat  tampak cukup serius menyampaiakan berbagai perkembangan dan hal – hal lain yang menjadi fokus diskusi dalam pertemuan tersebut.

Ditemui Lensa Batam Kota usai rapat Aditya mengatakan bahwa pertemuan tersebut adalah pertemuan rutin yang selalu diagendakan secara berkala dan pada saat tertentu yang sifatnya urgent, beberapa pimpinan terkait akan melaksanakan pertemuan tertutup membahas berbagai persoalan yang berkembang untuk dievaluasi dan dimusyawarahkan jalan keluarnya tentunya sesuai aturan dan perundangan yang berlaku.

“Sore ini kita mengadakan pertemuan rapat rutin yang memang sudah kita agendakan sebelumnya. Pertemuan – pertemuan seperti ini selalu kita agendakan secara berkala untuk membahasa berbagai persoalan yang berkembang dan mengevaluasinya serta memusyawarahkan pemecahan dara persoalan tersebut sesuai koridor hukum dan peraturan yang berlaku sehingga tidak sampai menimbulkan permasalahan lain yang mungkin saja terjadi diwaktu yang lain” ujar Aditya menjelasakan.

Dalam kesempatan tersebut juga dibahas terkait perkembangan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Wilayah Kecamatan Batam Kota.

“Ya, ini juga kita sedang evaluasi apa – apa saja yang masih menjadi kelemahan dan kekurangan kita dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kecamatan Batam Kota. Supaya kedepannya semakin baik apalagi saat ini Kota Batam secara berangsur – angsur masyarakat kita mulai menyesuaikan dengan tatanan kehidupan dimasa disesa ini seiring dibukanya beberapa akses kehidupan dan ekonomi di Kota Batam oleh Pemerintah Kota Batam beberapa waktu yang lalu” Jelas Aditya.

“Nah pertemuan kita hari ini menjadi sangat penting terkait perencanaan kita kedepannya agar  benar – benar satu langkah dan satu haluan dalam penyelesaian beberapa persoalan terkait. Apalagi senin kemarin KPU secara nasional telah mengumumkan dilaksanakannya kembali tahapan Pilkada Serentak yang ditandai dengan pelantikan PPS diseluruh Indonesia tanggal 15 juni tersebut. Tentunya banyak persiapan yang harus disesuaikan terkait masih berlakunya status pandemi covid-19 di Kota Batam.” Ujarnya menambahkan.

Dalam tahapan Pilkada Serentak itu sendiri di Kota Batam Tahun 2020 ini akan dilaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Kepulauan Riau serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batam nantinya. Pilkada Serentak Tahun 2020 menjadi cukup berbeda pelaksanaannya mengingat saat ini Kota Batam masih dimasa pandemi Covid-19. Di Kecamatan Batam Kota sendiri akan segera dilaksanakan tahapan Verifikasi Faktual terhadap lampiran syarat dukungan Calon Perorangan mulai tanggal 24 Juni 2020 yang akan datang.

“Kita upayakan semaksimal mungkin memberikan dorongann kepada rekan – rekan yang akan bertugas menyelenggarakan Pilkada Serentak tahun ini, salah satunya memastikan bahwa rekan – rekan bekerja dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan tahapan pilkada ini. Misalnya pekan lalu kita telah merekomendasikan rekan – rekan Panwalu Kecamatan Batam Kota untuk dapat melaksanakan Rapidtest di Puskesmas Botania guna memastikan bahwa mereka siap dan layak untuk bekerja dimasa covid-19 in, dan  laporan yang saya terima In Sya Allah semua rekan – rekan yang bertugas di Panwaslu Batam Kota dari hasil Rapidtestnya senin yang lalu dinyatakan no reaktif semua” jelas Camat yang pernah menjabat sebagai Lurah Belian tersebut.

“Hal – hal seperti ini yang perlu kita akomodir dan memfasilitasinya sebagai bentuk dorongan dari Kami selaku Pemerintah Kecamatan Batam Kota  terhadap penyelenggaraan Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020. Kita juga rencanakan akan memfasilitasi bantuan berupa Masker, Handsanitizer dan Drumnya, Thermogun, Facefiel serta sarung tangan untuk pelaksanaan verifikasi faktual oleh PPS, PPK, PDK dan Panwaslu yang akan dilaksanakan mulai tanggal 24 Juni nanti.  Nah sekali lagi Hal – hal seperti ini tentunya yang perlu kita rapatkan dan kita evaluasi pelaksanaannya demi terciptanya tatanan Pemerintahan Yang Baik di Kecamatan Batam Kota”  pungkas Camat Batam Kota.