BATAM KOTA DUKUNG LANGKAH WALIKOTA BATAM

AKTIFKAN TIM GABUNGAN SISIR DAN RAZIA PASAR DAN PUSAT KERAMAIAN – MENATA DARI SUDUT KOTA

Pak Rudi dan Pak Amsakar selaku sangat yakin akan pertumbuhan kembali ekonomi masyarakat dan pariwisata di Kota Batam beberapa waktu kedepan tanpa mengurangi upaya Pemerintah Kota Batam dalam percepatan penanganan covid-19 di Kota Batam. Ayo semakin kita tingkatkan kesadaran dan kepedulian kita dalam melaksanakan protokol kesehatan dan perilaku hidup sehat dimasa disesa ini sebagai bentuk dukungan kita terhadap keberlangsungan Kota Batam Milik Kita. Aditya Guntur Nugraha Camat Batam Kota.

BATAM KOTA, Sejak dibukanya kembali beberapa akses sosial dan perekonomian di Kota Batam oleh Pemerintah Kota Batam di bawah Komando Walikota Batam H. Muhammad Rudi dan Wakil Walikota Batam H. Amsakar Achmad selaku Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Pemerintah Kecamatan Batam Kota terus melakukan koordinasi bersama instansi terkait sebagai langkah konsolidasi dan evaluasi terhadap berbagai perkembangan kekinian penanganan dan pencegahan covid-19 di Wilayah Kecamatan Batam Kota.   

Berdasarkan data harian Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam per 26 Juni 2020, situasi dinamika perkembangan penanganan covid-19 di Kota Batam menggambarkan kabar yang cukup menggembirakan setelah mengalami lonjakan yang sangat tinggi pada bulan April dan Mei yang lalu.

Jumlah keseluruhan pasien positif covid – 19 di Kota Batam sebanyak 218 Kasus, 159 diantaranya sudah dinyatakan sembuh, 12 kasus meninggal dunia dan sisanya 47 orang masih dirawat dibeberapa rumah sakit yang ada di Kota Batam. 47 kasus positif yang masih dirawat tersebut disebutkan dalam kondisi vitalitas tubuh yang baik dan dimungkinkan akan ada beberapa pasien positif yang akan dinyatakan sembuh beberapa hari kedepan.

Dengan demikian penanganan covid – 19 di Kota Batam semakin memperlihatkan tingkat keberhasilan upaya penanganan covid-19 di Kota Batam semakin meningkat dan semakin baik pula dalam upaya pencegahannya seiring dengan semakin minimnya penambahan pasien positif beberapa hari terahir. Angka 47 ini hampir sama persis dengan kisaran perkembangan kasus positif covid-19 di awal – awal sebelum akhirnya meledak di bulan April dan Mei yang lalu.

Namun demikian, semakin menurunnya jumlah kasus positif covid-19 ini memberikan suntikan energi semangat baru bagi Tim Gugus Tugas Covid-19 Pokja Kecamatan Batam Kota untuk terus berupaya menekan pertumbuhan covid-19 dengan berbagai langkah pencegahan dini.

Pantauan Lensa Batam Kota, Camat Batam Kota secara rutin terus berkoordinasi dengan elemen dan instansi terkait guna mempercepat penuntasan dan memutus covid-19 di Wilayah Kecamatan Batam Kota yang saat ini hanya tinggal 8 Kasus positif dari 47 kasus positif Covid – 19 di Kota Batam tersebut.

Salah satu kegiatan yang tetap rutin dilaksanakan adalah penyisiran, himbauan dan pembagian masker guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu memakai masker selama masih masa pandemi ini. Kegiatan ini dikoordinasi langsung oleh masing – masing lurah diwilayah kerjanya dan melaporkan setiap hari kegiatannya kepada Camat Batam Kota.

Selain Tim Kelurahan yang terus bergerak di Wilayah Kerjanya, Camat Batam Kota saat ini juga mengaktifkan Tim Gabungan yang terdiri dari unsur Tim Danramil 03/ Nongsa, Tim Polsek Batam Kota, Tim BKO Satpol PP Batam Kota, Tim Medis Puskesmas Unit Batam Kota serta Relawan Covid-19 Batam Kota yang terdiri dari berbagai unsur lintas organisasi dan tokoh – tokoh masyarakat Kecamatan Batam Kota.

Kegiatan utama Tim Gabungan ini selalin melakukan penyisiran rutin juga menggelar razia dadakan ke pasar – pasar dan pusat – pusat keramaian di Wilayah Kecamatan Batam Kota, seperti Kamis (25/06) yang lalu dilakukan Razia di Pasar Botania 1 Kelurahan Belian. Razia yang dipimpin langsung oleh Camat Batam Kota ini selalin memberikan himbauan dan sanksi hingga membagikan masker kepada masyarakat yang kedapatan tidak mengenakan masker.

“Penyisiran oleh Lurah dan timnya tetap rutin setiap hari dan melaporkan langsung ke – saya dilengkapi dengan bukti dokumentasi dan uraian kegiatan dilapangan setiap harinya. Ini adalah Instruksi langsung dari pak wali dan pak wawa agar kelurahan semakin proaktif bersama relawan dan perangkat lingkungan setempat supaya covid-19 ini dapat segera diputus di Kota Batam. Tujuannya supaya masyarakat kita dapat segera beraktifitas kembali seperti sediakala. Tentunya dukungan dan partisipasi masyarakat mentaati protokol kesehatan sangat menentukan keberhasilan upaya pak Rudi dan pak Amsakar ini” ujar Aditya saat mengambil apel persiapan Razia Gabungan Kamis (25/06) dihalaman Kantor Camat Batam Kota.

“Ini akan kita laksanakan Razia Gabungan ke pasar – pasar, target pertama hari ini lokasi pasar Botania1 Kelurahan Belian. Razia Gabungan ini kita aktifkan sebagai dukungan terhadap kebijakan pak Rudi yang telah membuka kembali beberapa akses sosial dan ekonomi agar bergeliat kembali sebagai langkah awal atau pemanasan agar ekonomi masyarakat kembali tumbuh dan berkembang pasca pandemi ini nantinya. pungkasnya