SIAP KAWAL PILKADA SERENTAK TAHUN 2020

ADITYA TERIMA KUNJUNGAN KAPOLSEK BATAM KOTA DAN PPS SE – BATAM KOTA

BATAM KOTA, Berbincang Ramah dan Santai di ruangan kerjanya pasca Pelantikan PPS Kelurahan Se – Kecamatan Batam Kota, Aditya Guntur Nugraha selaku Camat Batam Kota menerima kunjungan kerja Kapolsek Batam Kota AKP. Restia Octane Guchi, SE, S.IK yang didampingi oleh 3 Orang Jajaran Polsek Batam Kota, Senin (15/06).

Dalam kesempatan tersebut Camat Batam Kota beserta Kapolsek Batam Kota dan Jajarannya ini membahas berbagai persiapan yang akan disempurnakan dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang akan dilaksanakan di Kota Batam pada tanggal 9 Desember 2020 serta alternatif kebijakan dan strategi pelaksanaan pengamanan oleh Polsek Batam Kota nantinya.

Aditya juga memaparkan berbagai data sebagai gambaran pelaksanaan Pemilu sebelumnya yang telah dilaksanakan pada tahun 2019 yang lalu yang secara tidak langsung juga akan menjadi dasar acuan dalam menyusun rangka bangun penyelenggaraan Pilkada Serentak di Kota Batam Tahun 2020, serta berbagai tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak berdasarkan PerKPU Nomor 05 Tahun 2020 yang merupakan perubahan atas PerKPU Sebelumnya tentang Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020 dimasa Covid-19, sehingga cukup banyak dilakukan perubahan menyesuaikan dengan pemberlakuan Standar Protokol Kesehatan dalam penyelenggaraan tahapan pemilu yang akan dilaksanakan nantinya.

“Mengingat saat ini Warga Kota Batam masih dalam masa transisi dari yang sebelumnya hampir satu kwartal melaksanakan Physical Distancing, WFH dan Stay at Home, kini mulai beradaptasi memasuki sistem kehidupan ditengah disesa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dimasa covid-19. Tentunya masih banyak sekali yang perlu kita sesuaikan dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 ini nantinya” Ujar Aditya menjelaskan kepada Lensa Batam Kota.

Dalam kesempatan yang sama Camat termuda di Kota Batam ini juga menerima perwakilan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari Enam Kelurahan di Wilayah Kecamatan Batam Kota. Enam Orang Perwakilan PPS dari masing – masing Kelurahan se – Kecamatan Batam Kota yang relatif masih seusia tersebut terlihat duduk berjajar dihadapan Kapolsek  dan Camat Batam Kota diruangan kerjanya. Pemandangan ini tentunya seolah menggambarkan kesepadanan Jiwa Muda Tim yang akan menjadi Penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Kecamatan Batam Kota tampak seperti yang muda yang berkarya.

Ke – enam perwakilan PPS Kelurahan se – Kecamatan Batam Kota tersebut terlihat kompak dan sekata tentang kesiapan mereka dalam pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020. Hampir semua perwakilan PPS ini telah pernah bertugas sebagai penyelenggara Pemilu pada pelaksanaan Pemilu sebelumnya. Sehingga tidak mengherankan ke – enamnya seakan terlihat kompak dan percaya diri tentang kesiapan mereka dalam pelaksanaan tahapan pilkada nantinya.

Guchy sapaan akrab kapolsek ramah senyuman ini menyampaikan agar PPS dalam melaksanakan tugas kepemiluan nantinya dapat benar – benar memastikan terselenggaranya setiap tahapan dan meminimalisir potensi permasalahan sedini mungkin dan melaporkan kepada dirinya jika menemui hambatan dalam pelaksanaannya khususnya terkait perihal yang menyangkut keamanan penyelenggaraan kepemiluan.

“Temen – temen PPS saya harap dapat melaksanakan tugas – tugas kepemiluan ini dengan sebaik mungkin dan melokalisir permasalahan sedini mungkin. Jangan takut terhadap apapun nantinya selama temen – temen benar – benar mengikuti aturan yang berlaku dan terjaga dalam netralitas temen – temen selaku penyelenggara. Kalau nantinya menemui berbagai hambatan terutama yang menyangkut keamanan kepemiluan, langsung lapor ke saya dan ke pak camat supaya bisa kita antisipasi dan kita ambil langkah – langkah yang diperlukan” ujar nya memberikan semangat kepada PPS se – Kecamatan Batam Kota.

Selaku Camat Batam Kota, Aditya juga berpesan agar PPS dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai penyelenggara pemilu untuk selalu berkoordinasi kepada Lurah dan perangkat lingkungan terutama RT dan RW setempat dalam setiap kegiatannya guna mempermudah akses dan kelancaran tugas – tugas yang diemban.

“Selalu koordinasi dengan Lurah dan RT/RW dilingkungan setempat, tokoh – tokoh masyarakat yang dituakan sehingga dapat meminimalisir permasalahan yang ada. Apalagi saat penyusunan DPS, DPT dan Petugas KPPS nantinya. Bekerjalah sesuai aturan yang ada dan jaga netralitas kita selaku penyelenggara pemilu sehingga tidak ada celah yang dapat dijadikan politisasi oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab” pesannya.

Ia juga mengingatkan kembali apa yang telah disampaikan oleh Walikota Batam untuk mematuhi protokol kesehatan dalam penyelenggaraan tahapan Pilkada Serentak dimasa covid-19 ini. “Jaga selalu disiplin protokol kesehatan seperti pesan pak wali dalam sambutannya saat pelantikan tadi. Keberhasilan Pilkada Serentak ini ada di tangan PPS selaku garda yang langsung bersentuhan dengan masyarakat Kota Batam. Karena itu betul – betul laksanakan tugas kita sesuai aturan yang ada dan jaga kekompakan dan selalu berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait jika ditemukan adanya persoalan yang berkembang selama penyelenggaraan pilkada serentak nantinya” ujar Aditya mengingatkan.