3M, KONTRIBUSI DAN SOLUSI ATASI PANDEMI

SAYA PERCAYA KITA BISA BEKERJA LEBIH DARI BIASA, Amsakar Achmad.

“Jaga diri, Jaga Keluarga, tetap jalankan pola hidup bersih dan sehat. Titipkan salam saya untuk seluruh keluarga, utamanya anak – anak dirumah agar tetap semangat, jangan berhenti belajar karena merekalah calon pemimpin bangsa dan daerah ini dimasa depan. Mari tak lelah untuk berdoa dan menengadah, berharap kita selamat dan terhindar dari wabah”. Amsakar Achmad Ketua Harian Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam.

Cukuplah Anda disiplin melaksanakan 3M, Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak Aman berarti Anda telah berkontribusi memutus pandemi covid-19 di Negeri Madani tercinta ini.

BATAM KOTA, Berdasarkan Release Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam per 18 Juni 2020 diketahui bahwa masih terjadi peningkatan kasus positif covid-19 di Kota Batam hingga hari ini. Bahkan berdasarkan fakta yang ada beberapa kasus baru merupakan cluster baru yang masih cukup riskan dan memerlukan perjuangan ekstra melalui berbagai langkah seperti tracing jejak kasus hingga pencegahan dan penanganan untuk dapat memutus cluster – cluster baru tersebut.

Dari penelusuran Lensa Batam Kota, secara history peningkatan kasus positif covid-19 di Kota Batam ini memiliki nilai plus dan minusnya. Nilai plusnya adalah penambahan kasus positif tersebut adalah sebagai bukti rekam jejak bahwa progres dan pelaksanaan kebijakan penanganan covid-19 di Kota Batam benar – benar berjalan sesuai track yang diharapkan dan juga menggambarkan optimalnya mesin Tim Covid-19 Kota Batam dilapangan.

Terdeteksinya kasus – kasus positif tersebut diketahui setelah adanya pelaksanaan dan penerapan kebijakan pencegahan dan penanganan covid-19 oleh Tim yang bertungkus lumus dilapangan berjibaku menyisir dan melakukan tracing terhadap berbagai potensi yang ada. Yang artinya kasus positif ini bukan tumbuh begitu saja tanpa pengawasan melainkan berdasarkan hasil kinerja aktif tim lapangan yang telah terkoordinasi dan terintegrasi dengan baik oleh Pemerintah Kota Batam.

Dan berdasarkan data progres penyembuhan kasus positif yang diisolasi dibeberapa Rumah Sakit ini juga menunjukan hasil yang sangat memuaskan dimana tingkat kesembuhan pasien terus mengalami lonjakan dan mampu mengerem semaksimal mungkin jatuhnya korban jiwa selanjutnya.

Aditya Guntur Nugraha selaku Camat Batam Kota mengatakan bahwa peran aktif masyarakatlah yang sangat membantu Pemerintah Kota Batam dalam memutus covid-19 ini. Hal ini juga merupakan solusi terbaik untuk segera membebaskan Kota Batam dari Pandemi yang masih mendisesa.

“Kontribusi masyarakat di Kota Batam khususnya diwilayah Kecamatan Batam Kota merupakan salah satu kunci terpenting dalam memutus covid-19. Dan ini merupakan solusi terbaik agar kita dapat segera menyesuaikan kembali keadaan dan aktifitas sosial kemasyarakatan dengan kehidupan ditengah disesa ini” ujar Aditya menjelaskan sesaat setelah rapat evaluasi bersama jajaran pimpinan di Kecamatan Batam Kota, Kamis (18/06).

“Ini sangat penting,  kesadaran dan kepedulian masyarakat khususnya membiasakan diri disiplin menegakkan ptotokol kesehatan minimal 3M, Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak Aman dimanapun berada saat beraktifitas diluar rumah” ujarnya tersenyum ramah.

Hal ini tidak dapat dipungkiri mengingat masih cukup banyak warga masyarakat Kota Batam yang masih acuh tak acuh dan cenderung abai terhadap keselamatan dirinya dan orang lain dengan tidak mematuhi protokol kesehatan saat pandemi covid-19 yang masih mewabah di Kota Madani ini ketika Pemerintah Kota Batam melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 nya tetap bertungkus lumus berupaya memutus covid-19 dan sebagian besar masyarakat yang telah patuh dan disiplin menjalankan himbauan protokol kesehatan tersebut.

Salah satu poin negatif dari berbagai kasus covid-19 di Kota Batam adalah membuktikan masih lemahnya kesadaran dan kepedulian sebagian masyarakat di Kota Batam terhadap keselamatan diri, keluarga, orang lain dan lingkungan disekitarnya dengan keacuhan dan keabaiannya menerapkan disiplin protokol kesehatan yang selalu dilantangkan Pemerintah Kota Batam.

Jikalau kita tidak dapat menyelamatkan orang lain minimal jangan sampai mengakibatkan orang lain menjadi terpapar karena kelalai dan kebodohan kita yang tidak perduli keselamatan diri sendiri.